IEDUL QURBAN

Saturday, November 3, 20120 komentar


Dalam perayaan ini ada beberapa moment penting yang sering kita dengar di tiap tahunnya. Namun kita tak pernah bosan untuk mendengarkannya. Yakni sejarah bukti kekuatan iman Nabi Ibrohim AS yang mendapatkan ujian sangat besar dari Allah. Pada hari itulah keimanannya benar-benar di uji. Bagaimana tidak berat, beliau yang pernah bernadzar bahwa jika anaknya lahir akan mengorbankan anaknya demi Allah. Setelah anaknya lahir beliau diingiatkan nadzarnya tersebut dalam mimpinya selama 8 hari berturut-turut. Pada awalnya beliau masih ragu, namun setelah mimpi itu tetap hadir maka pada hari ke 9 beliau memantapkan isi dari mimpi itu. Dan keesokan harinya, beliau berkata pada istrinya Saro “ wahai istriku, tolong pakaikan anakku Ismail denngan Pakaian yang sanngat bagus dan baru. Aku ingin mengajaknya rekreasi “ tanpa pikir panjang dan curiga sang istripun segera memakaikan pakaian yang diminta sang Nabi. Setelah itu beliau bersama Nabi Ismail berangkat entah kemana. Setelah itu datanglah setan membisiki istri Nabi Ibrahim.
 “ apakah engkau tahu kemana suami dan anakmu pergi? Tuturnya.
Saro pun menjawab “ beliau ingin mengajak anaknya rekreasi”
setan itu berbisik lagi “bagaimana mungkin suamimu ingin rekreasi sambil membawa seutas tampar dan parang, suamimu pergi untuk membunuh anakmu”
mendengar ucapan itu Saro berkata “ atas dasar apa beliau membunuh anakku?”
dengan semangatnya setan itu berkata “ ia membunuh anakmu karena perintah dari Allah SWT”
dengan penuh semangat dan tanpa kesedihan saro menjawab “ kalaupun memang Allah yang memerintahkan. Jangankan anakku, nyawakupun aku relah jika memang Alloh yang yang memerintah” sambil melempar setan itu dengan bebatuan.
Karena merasa gagal membujuk istri Nabi Ibrahim, akhirnya setan itu nyerah dan mencoba menggoda nabi Ismail “ Ismail, apakah engkau tahu engkau akan pergi kemana?”
“aku tidak tahu mau pergi kemana. Yang aku tahu ayahku mengajakku pergi untuk rekreasi” tutu Nabi Isail.
“sesungguhnya ayahmu mengajakmu hanya utnuk membunuhmu karena perintah Allah, lihatlah apa yang ayahmu bawa?”
Ismail tak sedih mendengar jawaban itu dan berkata “ jika memang Allah yang memerintahkan aku siap untuk dibunuh oleh ayahku” dan dilemparlah batu setan itu oleh Nabi Ismail AS.
Merasa gagal lagi, setan itu tidak pantang menyerah. Dan terakhir ia menggona Nabi Ibrohim AS. “ wahai Ibrohim, apakah engkau tega membunuh anakmu yang masih lucu itu? Anakmu adalah penerusmu kelak”. “aku tidak akan membunuh anakku jika bukan karena perintah Allah SWT. Jangankan anakku, akupun rela membunuh nyawaku sendiri demi menjalankan perintahNya”. Tutur nabi Ibrohim AS. Dan dilemparlah setan itu dengan batu dan akhirnya setan itu tidak bisa menaklukkan keluarga Nabi Ibrohim AS.
Setelah sampai disuatu tempat kemudian Nabi Ibrahim berkata pada anaknya “ wahai anakku. Aku mengajakmu pergi karena aku akan membunuhmu. Nabi Ismail menjaawab “lakukanlah wahai ayahku. Aku relakan nyawaku demi menjalankan perintah Allah SWT. Namun sebelum aku dibunuh, aku punya 3 permintaan”. Katakanlah wahai anakku “pertama lepskanlah pakaianku dan berikan pakaianku kepada ibu. Agar jika suatu saat merindukan aku beliau bisa melihat pakaianku. Kedua tengkurapkanlah aku jika ayah akan menggorokku. Agar ayah tidak melihat wajahku disaat ayah menggorokkan pedangnya ke aku. Dan yang terakhir biarkanlah kaki dan tanganku tidak diikat dengan tampar. Agar tahu keikhlasanku kepada Allah”. Setelah semua permintaan di penuhi, mulailah Nabi menggorok lehernya dengan pedangnya, namun pedang itu tak mapu menggorok leher Nabi Ismail sampai ketiga kalinya dan akhirnya beliah marah dan menghantamkan pedangnya ke sebuah batu besar dan alhasil batu itu hancur berserakan. Dan setelah itu dicoba lagi digorokkannya pedang itu ke leher Nabi Ismail dan ternyata bukanlah Nabi Ismail yang digorok, melainkan seekor domba putih yang dulu diqorbankan oleh putra Nabi Adam AS yakni Habil.
Share this article :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. YASSER HUDAYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger